Laman

Tuesday, June 11, 2013

80% Komponen Mobil Murah Dibuat di Dalam Negeri

80% Komponen Mobil Murah Dibuat di Dalam Negeri

Mesin Astra Daihatsu Ayla

Jakarta - Mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) dalam kurun waktu 1 bulan lagi bakal beredar di pasaran. Di 1 unit mobil ini 80 persen komponen nantinya akan disuplai dari dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Untuk start saja LCGC sudah memiliki lokal komponen hingga 40 persen, dan dalam 5 tahun ke depan LCGC bakal memiliki lokal komponen hingga 80 persen," ujarnya.

Dan hal inilah yang membuat harga jual kendaraan LCGC di Indonesia bisa semakin murah.

"Sebuah mobil itu kumpulan dari komponen, kurang lebih bisa mencapai 18 ribu komponen dalam satu mobil. Kalau itu kurangkan nanti harus import makanya harga mobil bisa menjadi mahal. Dan kalau buat (produksi) disini kan harganya bisa menjadi lebih murah," katanya.

LCGC juga akan membangun sektor komponen di Indonesia. Diperkirakan 8.000 komponen lokal akan terpasang di kendaraan LCGC.

"Kalau seandainya dibutuhkan sekitar 10.000 komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah mobil. Dalam program pengembangan mobil LCGC dan LCE, maka sekitar 8.000 komponen akan dibuat di dalam negeri dan minimal 4.000 komponen diperuntukan untuk program LCE," ucapnya.

Setelah resmi diteken Presiden SBY, produsen otomotif di Indonesia hanya tinggal menunggu surat keputusan Menteri Perindustrian untuk bisa melakukan produksi, dan keputusan Menteri Keuangan sebagai acuan untuk insentif pajak dalam kurun waktu 1 bulan.

Mobil Murah Ganggu Penjualan City Car

Mobil Murah Ganggu Penjualan City Car


Jakarta - Regulasi mobil murah baru saja diterbitkan pemerintah. Meski begitu, pasar mobil bekas dipercaya tidak akan terganggu. Justru yang akan terganggu adalah pasar mobil baru di segmen city car itu sendiri.

Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih memaparkan kalau mobil bekas selalu memiliki pasar dan akan tetap dicari oleh konsumen. Dia malah memandang adanya regulasi baru itu bukan malah berpengaruh ke mobil bekas, tapi ke mobil baru.

"Yang mau disasar regulasi ini kan model city car. Nah, justru yang bakal lebih kena itu mobil baru, terutama model city car yang tidak masuk di program (LCGC) ini. Dengan begitu, ATPM sendiri yang harus repot menata ulang segmentasi produknya, bukan kita," katanya.

Namun, dia mengakui, meski tidak mempengaruhi angka penjualan mobil bekas, harga mobil bekas diprediksi akan tertekan karena adanya regulasi Low Cost and Green Car (LCGC).

"Kalau pasar terganggu, saya kurang setuju. Tapi kalau harga tertekan, iya. Tapi kan kita harus lihat sisi positifnya, yang diuntungkan di situasi ini kan konsumen," lugasnya.

Mobil Murah Tidak Bakal Ganggu Pasar Mobil Bekas

Mobil Murah Tidak Bakal Ganggu Pasar Mobil Bekas


Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyakini kalau kebijakan mobil murah akan mereduksi potensi penjualan mobil bekas. Namun hal itu dibantah oleh pedagang mobil bekas. Menurut pedagang, segmen mobil bekas tetap ada dan akan tetap ada.

Sebelumnya Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Eddy Sumedi mengatakan jika mobil murah telah diproduksi, kebanyakan pengguna roda dua atau motor akan mulai beralih ke kendaraan roda empat ini. Bila biasanya pemilik roda dua memilih mobil bekas, kini setelah ada mobil murah, mereka mendapatkan pilihan baru.

"Tidak bakal. Ngawur itu. Mobil bekas punya market sendiri," cetus Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, Senin (10/6/2013).

Herjanto memaparkan kalau pembeli mobil bekas selalu ada. Disamping itu, model mobil murah yang kebanyakan city car tidak akan terlalu berpengaruh banyak. Karena ada banyak model lain di luar city car.

"Kalau menekan harga iya, tapi kalau menggusur tidak bakal karena mobil ini kan berputar, mobil seken selalu ada dan peminatnya juga selalu ada," katanya.

Kemenperin: Mobnas Tidak Dilupakan

Kemenperin: Mobnas Tidak Dilupakan


Jakarta - Aturan mobil murah dikeluhkan produsen mobil nasional karena dianggap tidak memuat satu pun soal mobil nasional.

Kementerian Perindustrian meminta produsen mobil nasional tidak khawatir, pemerintah Indonesia masih akan terus membantu laju pertumbuhan untuk mobil nasional yang rata-rata memiliki berkapasitas mesin 750 cc ke bawah.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Dengan terbitnya peraturan pemerintah (PP) No 41 tahun 2013, diharapkan tidak akan mengganggu program mobil angkutan umum murah seperti Tawon, Komodo dan Viar yang sedang dikembangkan oleh investor lokal," kata Budi.

Budi menuturkan LCGC yang memiliki kapasitas mesin 1.000 cc- 1.200 cc merupakan segmen sendiri yang terpisah dari mobnas.

"Ini kan untuk 1.000-1.200 cc ini berbeda segmen, ini (mobil Nasional) terus berjalan dan kita terus bantu. Tahun lalu kita bantu untuk peralatan, tahun ini juga kita bantu dan selama 4 tahun ini terus kita bantu," tambahnya.

"Dan ini sama juga dengan yang mempertanyakan, Pak ini bisa mematikan mesin yang 2000 cc? Jawab saya tidak, ini berbeda segmen. Sehingga program yang ini (LCGC) jalan dan yang itu (mobil nasional) jalan juga," kata Budi.

Budi menambahkan untuk mendukung merek nasional dan industri lokal tersebut, telah dilakukan kerjasama dengan BPPT. Dalam mendukung pengembangan disain dan prototipe kendaraan angkutan umum termasuk memberikan bantuan peralatan.

Selain itu menurut Budi Pemerintah masih terus membantu dengan memberikan bimbingan dalam bentuk workshop, dan pelatihan SDM kepada industri yang mengembangkan kendaraan angkutan umum murah tersebut.

Bantuan tersebut antara lain diberikan kepada Solo Technopark dan merek nasional lain untuk peralatan industri dan uji coba jalan.

Dan pemerintah daerah Provinsi Jawa Timur saat ini telah bekerjasama dengan ITS-Surabaya, untuk mengembangkan prototipe mesin mobil dengan kapasitas 600 cc.

(ddn/ddn)

Wah, Mobil Didiskon Sampai Puluhan Juta!

Wah, Mobil Didiskon Sampai Puluhan Juta!


Jakarta - Selain pabrikan motor yang menggelar perang diskon, pabrikan mobil yang ada di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2013 juga masing-masing menawarkan program menarik bagi calon konsumennya.

Seperti yang dilakukan oleh pabrikan Chevrolet yang mengadakan diskon hingga puluhan juta rupiah.

"Selama PRJ ini untuk pembelian Aveo diskon sampai Rp 20 juta dan untuk Spin indennya bisa lebih cepat. Ini berlaku selama di PRJ saja," kata salah satu sales di booth Chevrolet Putra saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2013).

Selain Chevrolet ada juga pabrikan mobil Nissan yang memberikan penawaran menarik di PRJ 2013. Selain menampilkan mobil modifikasi yakni Juke dan March pengunjung yang datang juga bisa menikmati tawaran berupa e-toll card.

"Kita hanya punya voucher e-toll card bagi setiap konsumen yang membeli mobil disini," timpal sales Nissan Indra kepada detikOto.

Penawaran menarik juga dilakukan oleh pabrikan Suzuki yang memiliki program khusus kepada calon konsumennya.

"Ertiga, Grand Vitara dan Swift kita tidak ada diskon tapi setiap beli Ertiga dapat GPS Garmin dan programnya, All New Swift cash back Rp 250 ribu," kata salah satu sales di booth Suzuki Andri.

Sama halnya dengan Auto2000 selaku main diler Toyota di Indonesia yang memiliki penawaran menarik bagi konsumennya selama ajang PRJ berlangsung.

"Kita punya program servis free spare part setiap pembelian Innova dan Fortuner. Tapi syarat dan ketentuan berlaku dan selama PRJ berlangsung saja," pungkas salah satu sales Auto2000 Dwi kepada detikOto.

(ady/ddn)

Dijual di Bawah Rp 100 Juta, Pemotor Bakal Sukai LCGC

Dijual di Bawah Rp 100 Juta, Pemotor Bakal Sukai LCGC


Jakarta - Dengan harga di bawah Rp 100 juta, pemerintah meyakini mobil murah dan ramah lingkungan akan diterima pasar Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Saya perkirakan 60 juta pengguna sepeda motor di Indonesia bakal beralih menggunakan kendaraan LCGC. Karena memiliki harga di bawah Rp 100 juta," ucapnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sendiri belum menetapkan target penjualan.

"Kalau target tahun ini kita belum bisa pastikan," ujar Sekretaris Gaikindo Eddy Sumedi.

"Kita masih harus melihat terlebih dahulu 1-2 bulan setelah penjualan. Bahkan untuk estemasi dari kedua varian LCGC dari Toyota dan Daihatsu saja belum bisa kami prediksi karena sempat terhenti," katanya.

Calon Mobil Murah Suzuki di PRJ Hilang

Calon Mobil Murah Suzuki di PRJ Hilang


Jakarta - Dari pertama Pekan Raya Jakarta (PRJ) di buka, pabrikan mobil Suzuki tanpa ragu memperlihatkan calon mobil murahnya di booth Suzuki. Meski sempat ditutup oleh sarung berwarna merah kehadiran calon mobil murah Suzuki cukup membuat pengunjung merasa penasaran dan menjadi pusat perhatian.

Pantauan detikOto, Senin (10/6/2013) calon mobil murah Suzuki yang di pamerkan di booth Suzuki di PRJ hilang. Di tempat yang awalnya disimpan calon mobil murah Suzuki kini digantikan oleh Suzuki Swift Sport yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu di Malaysia.

"Iya mobil Concept G-II-nya disimpan lagi sekarang digantikan oleh Suzuki Swift Sport ini. Baru hari ini digantinya mas," kata salah satu Sales Suzuki Andri saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2013).

Ketika ditanya kenapa mobil konsep yang bakal jadi mobil murah Suzuki digantikan dengan Swift Sport?

"Saya kurang tahu kenapanya mas, mungkin nanti bisa jadi di pajang lagi, gantian sama Swift Sport. Swift ini juga kan baru jadi masyarakat biar lebih tahu saja," katanya.

Kehadiran Swift Sport berkelir kuning ini juga cukup menarik perhatian pengunjung PRJ. Selain warnanya yang mencolok juga tampilannya yang sporti membuat orang penasaran ingin melihatnya.

Jakarta Super Macet, Mobil Murah Sulit Dapat Angka 1:20

Jakarta Super Macet, Mobil Murah Sulit Dapat Angka 1:20


Jakarta - Dengan persyaratan konsumsi BBM 1:20, akan sulit bagi mobil murah untuk mendapatkan angka konsumsi BBM itu di kota-kota macet seperti Jakarta.

"Sangat sulit diwujudkan di Indonesia. Khusus Jakarta yang super macet dan panas dengan persyaratan konsumsi BBM 1 : 20 dengan menggunakan bensin non subsidi," ujar Ketua Umum Maxxio (Gran Max Luxio Club) Yodi Anugraha dalam surat elektronik yang diterima detikOto, Senin (9/6/2013).

Dia khawatir, ujung-ujungnya masyarakat akan membeli mobil LCGC karena murahnya bukan karena teknologi.

"Berat bagi ATPM untuk mewujudkan mobil murah, akan berpikir 2 kali," jelasnya.

PT Astra-Daihatsu Motor sempat mengetes konsumsi BBM Ayla dengan sejumlah media otomotif di akhir tahun lalu.

Salah satu wartawan otomotif Jakarta berhasil mendapatkan konsumsi BBM 27,1 km per 1 liter dalam waktu 6,4 menit dengan menggunakan Ayla transmisi manual.

Sementara wartawan daerah mencapai titik terbaik dengan perolehan 1 liter untuk 21,6 Km dalam waktu 6,09 menit dengan Ayla transmisi otomatis.

Pengujian memang tidak dilakukan di jalanan Jakarta melainkan trek sirkuit sepanjang 1,9 Km di Bridgestone Paving Ground.

Mobil Murah Lebih Irit Bensin Sekitar 60%

Mobil Murah Lebih Irit Bensin Sekitar 60%

Astra Toyota Agya

Jakarta - Kendaraan murah dan ramah lingkungan (Low Cost and Green Car LCGC) diklaim bakal sekitar 60 persen lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan penumpang lainnya.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Mungkin kendaraan saya agak boros hanya mencapai 1:8, tapi kalau dirata-rata saat ini sebuah mobil mengonsumsi bahan bakar mencapai 1:12. Dan dengan lahirnya LCGC ini harus mencapai 1:20. Secara statistik lebih hemat hingga sekitar 60 persen meski dalam pengujian Lab, sehingga akhirnya semua orang ingin memiliki mobil," ujar Budi.

Budi yakin mobil murah ini bakal memiliki segmen sendiri dan terjual sekitar 300-600 ribu unit per tahun.

Hal senada diakui oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia.

"Ragu dan rasa khawatir sudah tidak ada, karena kebutuhan mobilitas naik seiring dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain itu kemungkinan pengendara roda dua yang sudah mapan bakal pindah (menggunakan mobil) itu juga ada," tambah Sekretaris Gaikindo Eddy Sumedi.

Pembuangan Ban Bekas Terbesar di Dunia, Bisa Dilihat dari Ruang Angkasa

Pembuangan Ban Bekas Terbesar di Dunia, Bisa Dilihat dari Ruang Angkasa

dok Daily Mail  

Sulaibiya - Melihat gambar ini, mungkin Anda akan berpikir jika ini hanya tumpukan ban bekas biasa. Tapi tahukah Anda jika ini adalah lokasi pembuangan ban bekas terbesar di dunia? Saking besarnya, maka bisa terlihat dari luar angkasa.

Diketahui kuburan ban bekas tersebut berada di gurun pasir di kota Sulaibiya, Kuwait.

Dilansir Daily Mail, Senin (10/6/2013) sudah ada 7 juta ban dibuang ke tempat ini. Belakangan diketahui ban-ban bekas tersebut tidak hanya dari mobil-mobil di Kuwait tapi juga dari berbagai negara.

Saking banyaknya ban yang dibuang di tempat ini, pengelola tempat pembuangan ban bekas itu harus menggali lubang raksasa setiap tahunnya.

Dikabarkan ada 4 perusahaan yang mengelola lokasi tersebut dengan dana yang diterima tidak sedikit atas pembuangan ban.

Biasanya perusahaan tersebut menerima ban-ban dari negara-negara di Eropa yang enggan mendaur ulang ban. Soalnya di Eropa, pembuangan limbah ban bekas adalah ilegal.

Karenanya pada 2006 silam Uni Eropa membuat aturan agar setiap ban bekas harus didaur ulang. Setidaknya ada 480.000 ton ban bekas per tahun yang harus didaur ulang. Di Inggris semua ban mobil dan truk harus didaur ulang dan digunakan kembali.

Hasil dari daur ulang ban bekas tersebut digunakan untuk tempat bermainan anak-anak, jogging track, arena olah raga, bahan bakar pembuatan semen, dasar karpet, hingga lantai karet.

Di sisi lain, kabarnya perusahaan tersebut juga menyuplai ban bekas dalam kondisi bagus ke berbagai negara seperti ke India, Pakistan dan Malaysia.

(ikh/ddn)

Mau Produksi Mobil Murah? Penuhi Dulu Syarat Dari Hatta Ini

Mau Produksi Mobil Murah? Penuhi Dulu Syarat Dari Hatta Ini


Jakarta - Pemerintah 'ngebet' mobil murah atau low cost green car (LCGC) segera muncul di dalam negeri. Tapi sebelumnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dulu.

"Kita akan berikan (keringan pajak dan lainnya) apabila pabriknya dibangun di Indonesia," tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa usai memimpin Rapat Koordinasi pasokan pupuk untuk industri pupuk, Senin (10/6/2013).

Dikatakan Hatta, tujuan adanya LCGC ini adalah untuk merangsang agar banyak mobil-mobil yang hemat energi di Indonesia.

"Tujuan LCGC ini kita ingin merangsang untuk mobil-mobil itu hemat energi, terutama hybrid dan mobil-mobil yang kita kategorikan mobil listrik," tandas Hatta.

Seperti diketahui Presiden SBY sudah menandatangani regulasi soal mobil murah atau Low Cost And Green Car (LCGC) pada 23 Mei. Dengan demikian mobil tersebut sudah bisa diproduksi oleh para produsen di dalam negeri.

Kebijakan LCGC ini sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 41 Tahun 2013, tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah.

Pendapatan Valentino Rossi Terus Merosot

Pendapatan Valentino Rossi Terus Merosot


Washington - Tampil kurang 'menggigit' dalam tiga tahun terakhir membuat posisi pebalap MotoGP Valentino Rossi di daftar atlet terkaya di dunia harus merosot. Rossi kini hanya menempati peringkat 51 dalam daftar 100 atlet berpenghasilan terbesar versi Forbes.

Di daftar 100 Highest Paid Athletes yang dikeluarkan Forbes, Rossi diperkirakan hanya mendapat pendapatan sekitar 14 juta pounds atau Rp 213,39 miliar di 2012 lalu.

Namun, tetap saja Rossi masih satu-satunya pebalap motor di daftar ini.

Pendapatan Rossi diperkirakan memang terus berkurang dari tahun ke tahun. Di 2010, juara dunia 7 kali ini diperkirakan meraup pendapatan sampai 22 juta pounds untuk menempati urutan 31 di daftar Forbes.

Di tahun selanjutnya, pendapatan Rossi berkurang menjadi 19,2 juta pounds yang turun lagi ke 14 juta pounds di tahun lalu.

Meski begitu, di dunia motorsport, nama Rossi bukanlah yang teratas. Karena ada pebalap F1 Fernando Alonso yang diperkirakan meraup pendapatan hingga 19 juta pounds atau sekitar Rp 289,6 miliar di 2012 silam untuk memberikannya urutan 19 di daftar Forbes itu.

Dalam daftar, ada pula pebalap Nascar Dale Earnhardt, Jr dan Jimmie Johnson dan pebalap F1 Lewis Hamilton.

Pendapatan Rossi itu didapat pebalap Italia itu dari banyak celah. Selain bayarannya dari Ducati ke Yamaha di tahun lalu, berbagai sponsor juga ikut membantu memenuhi pundi-pundi pendapatan Rossi. Monster Energy saja diperkirakan membayar Rossi 3 juta poundsterling per tahun.

(syu/ddn)

Pembeli Mobil Bekas Beralih ke Mobil Murah atau LCGC

Pembeli Mobil Bekas Beralih ke Mobil Murah atau LCGC

Astra Daihatsu Ayla

Jakarta - Hadirnya mobil murah akan membuat segmen baru di pasar otomotif nasional. Pengguna roda dua akan beralih mengunakan mobil murah.

Biasanya pemilik roda dua memilih mobil bekas, kini setelah ada mobil murah, mereka mendapatkan pilihan baru.

Hal itu diyakini Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Eddy Sumedi. Jika mobil murah telah diproduksi, kebanyakan pengguna roda dua atau motor akan mulai beralih ke kendaraan roda empat ini.

Daya beli masyarakat akan semakin tinggi dan didukung dengan harga mobil yang murah.

"Roda dua beralih ke sini. Biasanya roda dua itu beralih ke mobil bekas. Nanti ke sini. Tapi Industri roda dua atau roda empat nanti akan beriringan," kata Eddy.

Sementara mengenai kenaikan harga BBM, Gaikindo menurutnya tidak terlalu mempermasalahkan dan sudah setuju.

"Kami dari asosiasi telah memberikan usulan untuk menaikan harga BBM dan kenaikan oktannya juga. Karena mesin kendaraan saat ini sudah menggunakan teknologi tinggi," ucapnya.

Awas! Mobil Murah Haram Pakai BBM Premium

Awas! Mobil Murah Haram Pakai BBM Premium


Jakarta - Kekhawatiran berbagai kalangan yang menyebutkan jika ada mobil murah akan membebani angggaran subsidi BBM akan sedikit terhapus. Pemerintah mensyaratkan untuk setiap kendaraan LCGC di Indonesia, untuk tidak menggunakan BBM subsidi atau Premium.

Hal itu disampaikan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi dalam jumpa pers di di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (9/6/2013).

"Naiknya harga BBM yang kita pakai (untuk teknologi kendaraan LCGC) non subsidi," ujarnya.

Kenapa BBM non subsidi yang harus dipakai di LCGC? "Karena ini bisa memancing tekologi dan investasi baru di Indonesia," jelas Budi.

Sebelumnya Menteri Perindustrian Republik Indonesia, MS. Hidayat menegaskan, seluruh mobil murah dan ramah lingkungan harus menggunakan BBM Pertamax.

Menperin akan membentuk sistem pengawasan, sehingga tidak ada lagi kendaraan LCGC yang memanfaatkan BBM bersubsidi.

"Dan kita minta semuanya menggunakan pertamax, tapi sistem mengawasinya bagaimana? Oleh sebab itu kami sedang persiapkan untuk pengawasannya," kata Hidayat di bulan Maret lalu.

Menurutnya langkah tersebut selaras dengan impian pemerintah yang menginginkan kendaraan yang irit BBM dan ramah lingkungan.

"Semua kendaraan nasional sekarang harus irit dan ramah lingkungan, karena mobil era pemborosan energi sudah hilang," tegas Hidayat.

Dia menambahkan saat ini pemerintah terus menggodok sistem pemantauan dan pengawasan penggunaan bahan bakar minyak setingkat pertamax untuk mobil murah dan ramah lingkungan, dan belum bisa menjelaskan teknis pengawasan di lapangan. "Masih terus kita pelajari," yakinnya.

Apa pendapat Otolovers terkait mobil murah? Kirim pendapat Anda ke redaksi@detikoto.com.

Candy Chrome, Bikin Pelek Kinclong dan Terlihat Lebar

Candy Chrome, Bikin Pelek Kinclong dan Terlihat Lebar


Jakarta - Otolovers Anda sudah mengetahui ada jasa pengecatan pelek motor atau lebih dikenal dengan sebutan Polish Coating Candy Chrome? Pengecatan pelek ini akan membuat pelek lebih berkilau dan terlihat lebar.

Berapa biaya yang harus dirogoh untuk pengecatan pelek dengan cara seperti ini?

Pemilik bengkel modifikasi Joddy Motor yang berada di Jalan Jatiwaringin Raya, No.1A, Pangkalan Jati, Jakarta Timur menuturkan untuk harga sebenarnya tidak dipatok karena harganya akan disesuaikan dengan pilihan atau pemesanan konsumen.

"Sebenarnya tidak ada harga pastinya. Tapi kita punya range harga yakni dari Rp 850 ribu hingga Rp 2,2 juta," kata Joddy kepada detikOto beberapa waktu lalu.

Joddy menambahkan perbedaan harga itu memang bervariasi karena harga yang akan dipatok dilihat dari lebar pelek dan permintaan konsumen itu sendiri.

Sementara itu, untuk pengecatannya sendiri terdiri dari 2 pilihan yakni two tone yang range harganya Rp 850 ribu sampai Rp 1,3 juta dan yang kedua yakni pengecatan penuh yang dibanderol Rp 2 juta hingga Rp 2,2 jutaan.

"Harganya memang terdengar mahal. Tapi tunggu dulu saat Anda mencoba dan melihat hasilnya bakalan puas dan beda dengan pelek-pelek lainnya. Pengerjaannya juga memang kustom dan cukup rumit, tapi lihat hasil akhirnya, dijamin memuaskan," tandasnya.

(ady/ddn)

Berapa Kira-kira Harga Mobil Murah?

Berapa Kira-kira Harga Mobil Murah?


Jakarta - Dulu, ketika pertama kali diperkenalkan ke publik setahun yang lalu, mobil murah buatan Toyota dan Daihatsu ditaksir paling murah Rp 75 juta dengan harga termahal Rp 110 jutaan. Kini berapa kira-kira harganya?

"Untuk patokan harga untuk LCGC tergantung dari teknologi, inflasi, transmisi, dan safety," ucap Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi dalam jumpa pers di di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (9/6/2013).

"Dan harga tiap merek kan itu berbeda, tapi saran kami (pemerintah) untuk harga jualnya itu baru bulan depan lah bisa saya jawab," katanya.

Aturan mengenai mobil murah ini menurutnya masih dibahas di tingkat kementerian, jadi untuk harga belum bisa diketahu.

"Saat ini masih kita koordinasikan dengan Kementerian lainnya, setelah nanti semuanya sudah teken baru kita akan kasih tahu," ujarnya.

Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah

Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah


Jakarta - Pemerintah punya alasan tersendiri soal latar belakang meluncurkan kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan. Salah satunya dalam rangka mencegah impor mobil sejenis dan komponennya terkait ASEAN Free Trade Agreement 2015.

"Malaysia dan Thailand sudah membuat. 60 juta dari pengendara sepeda motor itu first owner dari first car. Kalau tidak kita penuhi, kita akan dibanjiri impor," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Ekonomi kita naik terus nih, kalau kita tidak buat mobil ini di dalam negeri, nanti itu free trade area. Jadi kita punya pilihan. Kita tidak bisa menghalang-halangi orang beli mobil. Pilih saja, apa mau dapat dari impor, atau supply dalam negeri. Kalau saya sih mending supply dalam negeri," tambahnya.

Budi mengatakan, dengan adanya aturan mobil murah, para produsen mobil dalam negeri pun akan mulai memproduksi mobil tersebut. Juga diikuti oleh peningkatan industri turunannya, yakni industri komponen yang sebagian masih diimpor.

"Mungkin kita 1.400 (industri komponen). Dengan adanya program ini akan lebih banyak lagi. tier 1, tier 2, tier 3 nya manuvernya lebih gampang. Kalau ada perusahaan mobil buat model baru nggak perlu keluar negeri. Ini namanya memperkuat industri," jelasnya.

Selain itu, kendaraan dengan bahan bakar menggunakan premium beroktan 90 ini tergolong irit dibanding kendaraan-kendaraan lain. Untuk 1 liter, lanjut Budi, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 20 km.

"Hematnya kira-kira 60%-an. Ini 1:20 (1 liter per 20 km). Kalau yang biasa itu sekitar 1:12 (1 liter/12 Km)," katanya.


Mobil Murah Biang Kemacetan? Ini Jawaban Pemerintah

Mobil Murah Biang Kemacetan? Ini Jawaban Pemerintah


Jakarta - Aturan soal mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) telah keluar. Ada kekhawatiran dengan keluarnya aturan ini memicu semakin membludaknya kendaraan roda empat dan berimbas kepada kemacetan di kota-kota besar. Apa tanggapan pemerintah?

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan, sejatinya masyarakat tidak perlu khawatir dengan potensi kemacetan yang akan ditimbulkan. Pasalnya, menurut Budi, penjualan mobil ini tak hanya dijual di wilayah perkotaan saja.

"Kalau berpikir secara Jakarta saja iya. Tapi berpikir secara nasional. Kita ini ada 560 lebih kabupaten, mereka juga perlu kesejahteraan, dan di jalanan saya tidak macet. Kita berpikir nasional lah, jangan Jakarta aja," kata Budi saat acara temu wartawan di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Senin (10/6/2013).

Dikatakan Budi, pemerintah pusat tidak mengatur penjualan mobil ini. Menurutnya, pemerataan penjualan unit mobil ini bisa dipengaruhi oleh pajak kendaraaan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

"Nanti Gubernur yang mengatur pajak kendaraan bermotor. Kalau pajaknya besar berarti lebih mahal, kalau rendah, makin banyak orang yang beli. Logikanya, mobil ini dibeli oleh orang dengan daya belinya ada," imbuhnya.

Budi menjelaskan, ada sebuah survei yang menunjukan bahwa orang Indonesia membutuhkan mobil jenis ini berdasarkan beberapa aspek.

"Ada survei dengan metode tertentu. Ada potensi kira-kira 300-600 ribu untuk mobil jenis ini. Jadi spek ini dipilih karena survei itu," ujar Budi.

Ferrari Nilai Meksiko Bakal Gantikan China

Ferrari Nilai Meksiko Bakal Gantikan China


Jakarta - Saat ini China tengah menjadi pusat perhatian dunia, tidak hanya didukung dengan perekonomian yang semakin kuat, masih banyaknya peluang pasar yang tumbuh membuat setiap produsen otomotif menatap untuk bisa merebut hati pecinta otomotif di China.

Meski demikian, menurut CEO Ferrari North America Marco Mattiacci ternyata bukan hanya China yang bakal melesat pertumbuhan otomotifnya. Orang nomor satu Ferrari di Amerika Utara yang satu ini menilai Meksiko bakal menggantikan China sebagai negara yang paling pesat pertumbuhan industri otomotifnya.

"Mexico is the next China," ungkap tegas Marco Mattiacci. Wow apa alasannya ya?

Mattiacci mengatakan investasi asing baru dan perluasan basis manufaktur (pembangunan pabrik) di negara itu, bakal menambah kekayaan dramatis Meksiko di masa depan.

"Kita melihat indikator, dengan banyaknya manufaktur yang bergerak ke Meksiko. Kualitas pendidikan yang semakin meningkat, dan terlebih Anda (Meksiko) memiliki kedekatan dengan AS," kata Mattiacci.

Hal ini beralasan mengingat permintaan akan Ferrari terus meningkat di Meksiko. Bahkan untuk permintaan Ferrari all-new La Ferrari di Meksiko meningkat drastis hingga mencapai 15 unit, padahal harga yang ditawarkan relatif mahal dengan dibanderol mencapai US$ 1,5 juta.

(lth/syu)

Mobil Boleh Murah, Tapi Teknologi Jangan Dibatasi

Mobil Boleh Murah, Tapi Teknologi Jangan Dibatasi

Astra Daihatsu Ayla

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah meneken aturan soal ketentuan mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) dan Low Emission Carbon (LEC). Pemerintah pun meminta produsen tidak membatasi teknologi meski mobil memiliki harga jual murah.

"Dan insentif yang diberikan ke produsen, otomatis ini akan dibuat (produksi) dalam negeri. Sehingga kita berpandangan teknologi (untuk LCGC) jangan dibatasi supaya murah banget, misalnya tidak pakai airbag. Jangan seperti itu," kata Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi dalam jumpa pers di di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (9/6/2013).

Hal ini berasalan mengingat jika setiap produsen tetap mengutamakan teknologi canggih di kendaraan LCGC hal ini bisa menambah lapangan pekerjaan di Indonesia.

"Kalau seperti airbag tidak dipakai, otomatis komponen tidak jadi investasi. Sehingga teknologi jangan dibatasi," harapnya.

Tidak berhenti sampai disitu, jika LCGC telah terealisasi dan telah memperbanyak industri komponen di Indonesia, maka ini bisa menambah nilai ekspor Indonesia.

"Selanjutnya untuk eksport yang tadinya hanya mencapai 13-14 persen, nantinya akan kita genjot mencapai 20 persen. Makanya teknologi jangan dikecilkan (dikurangi)," ucapnya.

Dalam peraturan pemerintah No 41 tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah, pemerintah tidak memberikan pajak.

Tarif 0% (nol persen) dari harga jual hanya berlaku untuk kendaraan
bermotor yang termasuk program mobil hemat energi dan
harga terjangkau. Tapi tarif ini tidak berlaku bagi mobil sedan atau station wagon.

Berikut persyaratan mobil murah dan ramah lingkungan yang mendapatkan kebebasan tarif:

1. Motor bakar cetus api dengan kapasitas isi silinder
sampai dengan 1.200 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 kilometer per liter atau bahan bakar lain yang setara dengan itu; atau

2. Motor nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan
kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 kilometer per liter atau bahan bakar lain yang setara dengan itu.


Jeep Tarik Ratusan Ribu Mobil

Jeep Tarik Ratusan Ribu Mobil


Detroit - Akibat beberapa masalah, Jeep harus menarik ratusan ribu mobil di seluruh dunia. 220.000 Jeep Wrangler dan 409.000 Jeep Patriot dan Compass masuk dalam daftar recall.

Chrysler Group hari ini mengumumkan ratusan ribu mobil yang kena recall. Jeep Wrangler ditarik karena ada masalah di bagian transmisi, sementara Jeep Compass dan Patriot memiliki masalah di software yang mengatur kerja airbag dan sabuk pengaman saat terjadi kecelakaan.

Recall model-model ini berbeda dengan penolakan Chrysler beberapa hari lalu untuk menarik 2,7 juta Jeep Grand Cherokee dan Liberti karena masalah saluran bahan bakar dan tangki bensin yang rawan membuat mobil terbakar saat mobil mengalami kecelakaan.

Jeep Wrangler yang direcall kali ini adalah mobil-mobil model tahun 2012 dan 2013 bermesin 3.6 liter dengan transmisi otomatis buatan 23 Januari 2011 sampai 23 Februari 2013.

Sementara Compass da Patriot yang ditarik adalah kendaraan yang dibangun sejak tanggal 6 Mei 2008 sampai dengan 20 Juli 2012 yang merupakan bagian dari model tahun 2010-2012.

Pada model-model ini, pretensioner sabuk pengaman dan airbag samping berpotensi tidak bekerja sebagai mana mestinya saat mobil terguling.

Meski begitu, Chrysler menyebut kalau mereka belum menemukan kecelakaan atua cedera terkait masalah-masalah tadi meski kedua masalah itu sudah mereka deteksi sejak tahun lalu.

(syu/ddn)

Apple Ingin Benamkan iOS ke Mobil

Apple Ingin Benamkan iOS ke Mobil


Jakarta - Di masa sekarang mobil sudah banyak yang dilengkapi dan diintegrasi dengan berbagai fitur terkini. Mobil pun kini telah berubah layaknya sebuah gadget dan Apple berencana memasukkan iOS ke mobil.

Fitur infotaiment di mobil kini sudah terintegrasi dengan berbagai fitur. Mobil pun dianggap banyak pihak akan menjadi 'medan perang' baru di masa depan bagi platform-platform seperti Android, iOS atau Windows.

Untuk iOS, Apple sudah mulai bergerilya dan memasukkan platform mereka ini ke beberapa mobil termasuk Ferrari FF dan percaya akan mampu menyebarkannya ke banyak mobil lagi.

Fitur-fitur seperti iPod Out dan Siri Eyes Free mereka anggap cocok untuk pula diaplikasi ke sistem yang ada di mobil.

The Verge menulis kalau mulai 2014 mendatang merek-merek dunia seperti Honda, Mercedes, Nissan, Ferrari, Chevrolet, Kia, Hyundai, Volvo, Jaguar dan beberapa merek lain akan mulai mereka aplikasi di beberapa model mobil miliknya.

(syu/ddn)

Mobil Sport untuk Keluarga dari Toyota

Mobil Sport untuk Keluarga dari Toyota


Tokyo - Mobil sport bagi banyak kalangan adalah model mobil egois. Namun Toyota punya cara sendiri untuk membuat sebuah mobil sport nampak bersahabat bagi keluarga. Nah, mobil konsep Camatte57s ini adalah salah satu caranya.

Mobil konsep bertampang mobil sport beratap terbuka itu akan diperlihatkan Toyota di International Tokyo Toy Show. Tampangnya cukup unik dengan 57 panel body yang menarik yang bisa dilepas pasang.

Panjangnya 118 inci dengan lebar 56 inci dan tinggi yang hanya 39 inci. Tubuhnya yang bisa dibongkar pasang tanpa alat khusus ini pun seolah memberikan sebuah keluarga mainan baru untuk mereka.

Kabin mobil ini mampu menampung tiga penumpang. Pedal mobil bisa pula disesuaikan agar seorang anak juga bisa mengendarai mobil ini di sebuah trek go kart atau tempat yang aman lain dengan orang dewasa tetap mengawasi di bangku belakang.

Meski bertampang sporty, Camatte57s tampil ramah lingkungan karena mobil ini digerakkan oleh motor listrik.

Adapun nama Camette pada mobil ini merupakan kata dalam bahasa Jepang yang berarti 'care'. 57 untuk jumlah panel body dan huruf 's' dibelakang nama itu merupakan singkatan dari Sawaru yang berarti "menyentuh."

Dengan mobil ini, Toyota berharap setiap keluarga dapat meningkatkan interaksi mereka dengan mobil ini.

(syu/ddn)

4 Hari PRJ Benelli Jual 30 Motor Lebih

4 Hari PRJ Benelli Jual 30 Motor Lebih

Jakarta - Ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini benar-benar menjadi saksi bagi pabrikan motor asal Italia, Benelli. Tak hanya resmi masuk Indonesia, Benelli pun berhasil menuai kesuksesan, buktinya 4 hari PRJ berlangsung sudah 30 motor lebih terjual.

Hal itu diutarakan langsung oleh salah seorang sales di booth Benelli saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2013).

"Terhitung dari hari pertama PRJ dibuka sampai saat ini sudah lebih dari 30 motor," kata seorang Sales Benelli yang enggan disebutkan namanya.

Lanjut sang Sales, di PRJ ini ada beberapa penawaran khusus untuk konsumennya, seperti potongan harga dan hadiah menarik.

"Harganya sudah pasti lebih murah, dan konsumen yang beli cash atau kredit bisa dapat hadiah menarik," katanya lagi.

Lalu tipe apa yang paling banyak digemari konsumen Indonesia?

"Untuk saat ini banyak yang beli tipe Cafenro 150, ada juga yang Cafe Racer dan lain-lain seperti Zafferano 250," pungkasnya.

(ady/ddn)

Nissan Terrano Bangkit Lagi

Nissan Terrano Bangkit Lagi


New Delhi - Produsen mobil Nissan akan kembali menghidupkan nama mobil yang melegenda, Terrano. Nissan Terrano generasi baru ini akan segera diperkenalkan di dunia.

Seperti diketahui, Nissan telah memproduksi Terrani di rentang waktu 1993-2006 untuk kemudian digantikan X-Trail. Di generasi barunya, Nissan Terrano bukan akan menjadi mobil yang sama sekali baru.

Sebab, mobil ini hanyalah Renault Duster yang diganti emblem oleh Nissan.

Menurut Autocar India, model ini akan segera dilahirkan di India dengan harga yang sedikit lebih mahal dibanding saudara kembarnya. Renault dan Nissan memang dikenal mesra. Kedua merek beda negara ini telah membentuk aliansi.

Namun, meski mengambil dasar dari Renault Duster, Nissan Terrano diperkirakan akan memiliki perbedaan yang signifikan dibanding saudara kembarnya. Meski nafasnya masih seperti Duster, aura X-Trail diperkirakan akan terasa pula.

Untuk waktunya, diperkirakan akhir tahun ini akan menjadi waktu kemunculan kembali mobil yang juga terkenal di Indonesia ini.

(syu/ddn)

Baterai Mobil Listrik Kini Bisa Tahan 2 Kali Lipat Lebih

Baterai Mobil Listrik Kini Bisa Tahan 2 Kali Lipat Lebih

dok ZSW  

Berlin - Baterai mobil listrik atau hybrid biasanya bertahan paling lama 10 tahun. Namun para peneliti kini berhasil membuat baterai baru yang bisa dipakai selama 25 tahun.

Baterai ion lithium ini dikembangkan oleh peneliti Jerman di Center for Solar Energy and Hydrogen Research Baden-Württemberg, atau ZSW.

Baterai ini dimaksudkan untuk kendaraan listrik atau untuk menyimpan tenaga dari angin dan matahari.

Baterai memiliki kerapatan daya 1.100 Watt per kilogram, ini berarti 3 kali lebih tahan besar dari baterai ion lithium saat ini.

Pastinya, seperti dilaporkan Green Car Congress Report, pabrikan Jerman merupakan pabrikan pertama yang menggunakan baterai terbaru ini.

Namun, untuk menuju produksi massal, prosesnya masih lama.

(ddn/ddn)

R15 ke Indonesia? Yamaha: No Comment!

R15 ke Indonesia? Yamaha: No Comment!

Yamaha R15  

Jakarta - Yamaha mendaftarkan merek motor yang diduga motor sport R15 ke Indonesia. Jika masuk Indonesia, Yamaha R15 generasi kedua akan diposisikan di kelas motor sport fairing berkapasitas mesin 150 cc.

Seperti biasa, motor itu terdeteksi di situs Kementerian Perindustrian Indonesia.

General Manager Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo tidak mau berkomentar banyak ketika ditanyai kabar masuknya R15 ini.

"Tunggu saja dulu, sabar," kata Eko kepada detikOto, Selasa (11/6/2013).

Dia menilai R15 masih prematur untuk dibicarakan. "No comment dulu. Dan sabar," tegas Eko.

Kabar yang beredar luas menyebutkan, R15 tersebut bakal mengaspal di Indonesia tahun ini atau seperti 4 moge Yamaha lainnya. Soalnya Yamaha Indonesia pernah terucap jika tahun ini adalah tahunnya Yamaha injeksi.

Peminat Yamaha R15 di Indonesia ini cukup banyak, sampai-sampai mereka membuka grup khusus di situs jejaring sosial untuk meminta Yamaha segera membawa motor ini ke Indonesia.


(ikh/ddn)

China dan Korea Perang Diskon

China dan Korea Perang Diskon


Jakarta - Pekan Raya Jakarta (PRJ) memang menjadi ajang promosi bagi semua merek, tak terkecuali pabrikan mobil. Tidak hanya pabrikan mobil asal Jepang yang perang diskon, beberapa pabrikan mobil asal China dan Korea juga sama-sama perang diskon dan promosi.

Seperti pabrikan mobil asal China, Geely dan Chery yang memiliki program menarik serta diskon hingga puluhan juta.

"Potongan harga di PRJ untuk Geely Panda sampai Rp 5 juta, LC Cross dan MK Cross potongannya sampai Rp 10 juta," kata sales Geely, Bambang saat ditemui detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sementara itu untuk model sedan, Emgrand7 yang dijual Rp 299 juta sampai Rp 269 juta on the road Jakarta ini selama PRJ mendapatkan potongan dari Rp 26 juta hingga Rp 31 juta.

Untuk pabrikan Chery, program selama PRJ ini berlaku untuk tipe pick up Transcab 1.1 MT yang dijual 98 juta akan mendapatkan potongan Rp 10 juta.

"Ini hanya berlaku di PRJ saja. Masih banyak juga program-program menarik lainnya bagi konsumen," kata Bambang.

Program menarik lainnya juga diikuti oleh pabrikan mobil terkemuka asal Korea Selatan, KIA dan Hyundai. Selama PRJ ini ada program menarik untuk konsumennya.

"Kalau di kita hanya hadiah-hadiah menarik saja seperti Galaxy Note, Galaxy SIII mini dan masih banyak lagi. Hadiah ini juga bisa ditukar dengan potongan saat membeli H1, Tucson, Santa Fe, dan Grand Avega. Masing-masing potongan harga mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 9 juta," kata sales Hyundai Ardiyan.

Hal serupa juga dilakukan oleh saudara satu negaranya, KIA yang memberikan potongan dan hadiah menarik bagi konsumennya selama PRJ berlangsung.

"Kita paling ada potongan harga Rp 1 sampai Rp 3 juta untuk beberapa tipe saja dan untuk All New Carens kita belum ada diskon karena itu produk baru," tuntas sales KIA di PRJ, Eka kepada detikOto.



(ady/ddn)

Audi Pelajari Teknologi Sistem Parkir Mobil Sendiri

Audi Pelajari Teknologi Sistem Parkir Mobil Sendiri


Ingolstadt - Mencari tempat parkir saat kita ke gedung atau pusat perbelanjaan adalah sesuatu hal yang mengesalkan. Dan Audi ternyata juga menyadari hal itu.

Kini, merek mobil Jerman itu diketahui tengah mengembangkan program yang mampu membuat mobil mencari dan memarkir dirinya sendiri.

Program ini menurut Autocar masih terus dikembangkan oleh Audi. Audi menggunakan Radio Frequency Identification transmitter yang dipasang di mobil. Audi berharap setiap varian mereka bisa berkomunikasi untuk menyelesaikan hambatan saat memarkirkan mobil.

Sehingga setiap pengemudi bisa mengakses lebih cepat melalui nirkabel dan bisa menghemat waktu mereka. Pengujian teknologi terbaru ini masih terus dilakukan Audi di markas Audi di Ingolstadt, Jerman.

Pengetesan prototipe sudah dilakukan di Jerman dimana 13.000 mobil terkoneksi. Jadi, ketika pengendara telah memasuki area parkir mobil, si pengendara bisa menyerahkan kontrol parkir pada mobil tersebut.

Mobil pun akan mencari tempat parkir karena mobil dan tempat parkir 'berhubungan' melalui koneksi nirkabel. Dengan sistem ini mobil akan memungkinkan untuk mencari tempat parkir terdekat yang tersedia dan membimbing dirinya sendiri untuk parkir.

Si pengendara dapat mengatur parkir hanya dengan aplikasi di smartphone mereka yang programnya bisa di-download.

(syu/ddn)

Sunday, June 9, 2013

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Resmi Meluncur di RI

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Resmi Meluncur di RI


Jakarta - Akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bekerjasama dengan pabrikan motor terbesar di India Bajaj meluncurkan motor sport terbaru di Indonesia, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS.

Menurut President Director KMI Yoshihiro Tanigawa, peluncuran varian baru ini merupakan terobosan terbaru bagi industri otomotif roda dua sekaligus memuaskan keinginan para pecinta motor sport di Indonesia.

"Sesuai dengan temannya, Urban Runner, motor ini mengusung konsep naked bike yang menawarkan sebuah motor penjelajah kota dan menantang para bikers untuk bereksperimen," kata Tanigawa di sela-sela peluncuran 200NS di PRJ, kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

Motor ini diproduksi di pabrik Bajaj Chakan, Maharashtra, India dan penjualannya akan dilakukan melalui PT Kawasaki Motor Indonesia. Meski dibuat di pabrik Bajaj, Kawasaki mengontrol dan meninjau langsung secara keseluruhan tingkat produksi dari pabrik yang modern dan canggih tersebut.

"Bersama Bajaj Auto, Kawasaki mengontrol standar kualitas bersama untuk melahirkan Pulsar 200NS yang diciptakan kembali khusus untuk pasar Indonesia," timpal Tanigawa.

Sementara itu, Assistan General Manager, Marketing Division KMI Yusuke Shimada mengatakan kalau motor dengan kapasitas mesin 200 cc ini diciptakan untuk memberi kenyamanan bagi para pengendara yang berjiwa muda dan menyukai tantangan.

"Motor ini memiliki mesin yang tangguh dan menawarkan performa mengesankan ketika berada di jalan raya. Handling yang stabil memberikan kenyamanan dalam perjalanan dengan posisi knalpot yang terletak dekat dengan mesin untuk sentralisasi massa, untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara," kata Shimada San.

Untuk jantung pacunya, motor sport ini mengusung konfigurasi mesin 4 tak DTS-I (digital Triple Sparkplug Ignation) dengan 3 busi yang sanggup menciptakan efesiensi pembakaran yang optimal.

Masalah desain, Kawasaki anyar ini terinspirasi dari tren terbaru di Eropa yang tengah mengikuti kebutuhan kaum urban dan perkotaan yang menginginkan transportasi roda dua yang gagah, lincah, dan nyaman.

Selain itu, lampu LED yang terdapat pada simbol panel memudahkan pengendara memonitoring saat malam hari, serta posisi duduk pengendara yang ergonomis memberikan kenyamanan sepanjang jalan perkotaan maupun luar kota.


(ady/syu)

Mengintip Program Mobil Murah Thailand

Mengintip Program Mobil Murah Thailand

Pabrik Mitsubishi Mirage Thailand  

Jakarta - Pemerintah Indonesia baru saja melahirkan regulasi terkait mobil murah. Ini adalah upaya Indonesia untuk mengimbangi Thailand yang dikenal sebagai Kota Detroit-nya Asia.

Thailand sudah melahirkan regulasi sejenis beberapa tahun lalu. Tapi, seperti apa regulasi mobil murah yang ada di Thailand?

Program mobil murah di Thailand berbalut dengan tema eco cars, mirip dengan Low Cost dan Green Car (LCGC) yang baru saja dicanangkan pemerintah.

Melirik regulasi yang ada di Thailand, negeri gajah putih itu berani memberikan insentif pajak perusahaan pada merek-merek yang ingin ikut serta pada program tersebut selama 8 tahun.

Bea masuk untuk peralatan pun juga dibebaskan. Sementara untuk bea masuk material dan komponen mendapat insentif hingga 90 persen selama 2 tahun.

Tapi, untuk mendapatkan insentif-insentif tadi, produsen mobil harus mampu menciptakan mobil ramah lingkungan dengan mesin sampai dengan 1.300 cc.

Mobil tersebut, harus mampu memperlihatkan tingkat efisiensi tinggi 5 liter untuk 100 km atau 20 km/liter. Standar emisi mobil tersebut juga harus sudah mencapai Euro4 atau lebih dengan produksi CO2 tidak lebih dari 120 g/km.

Namun, di samping persyaratan-persyaratan teknis tadi --termasuk masalah tingkat keamanan terutama bagian depan dan samping mobil dengan standar Eropa-- merek-merek yang ingin ikut serta dalam program ini juga harus menunjukkan keseriusannya berinvestasi di Thailad.

Sebab, merek-merek itu harus mengintegrasikan manufaktur perakitan, produksi mesin dan komponen di Thailand. 5 miliar baht juga harus rela dikeluarkan oleh merek yang ikut program ini untuk diinvestasikan di Thailand.

Dana sebesar itu dibutuhkan karena merek-merek yang ingin ikut program tersebut harus mampu memiliki kapasitas produksi minimal 100.000 unit per tahun dalam 5 tahun. Selain itu, lima komponen seperti cylinder heads, cylinder blocks, crankshafts, camshafts dan connecting rods harus diproduksi disana.

Dengan skema yang menarik ini, Thailand pada 2015 menargetkan akan mampu memproduksi 500.000 mobil di kelas ini untuk dipasarkan di dalam negeri dan di ekspor.

Segmen mobil murah ini pun diperkirakan akan memakan 30 persen dari total pasar yang ada dan akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja baru.

Nissan, Honda, Suzuki, Mitsubishi dan Toyota adalah merek-merek yang ikut serta di program ini. Merek-merek itu --ditambah Daihatsu-- juga sudah menyatakan komitmen yang sama untuk ikut program LCGC yang ada di Indonesia.

Mobil-mobil seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage, dan Honda Brio merupakan produk-produk dari program eco cars Thailand yang akhirnya masuk ke Indonesia.

(syu/ddn)

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Resmi Meluncur

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Resmi Meluncur


Jakarta - Akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bekerjasama dengan pabrikan motor terbesar di India Bajaj meluncurkan motor sport terbaru di Indonesia, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS.

Menurut President Director KMI Yoshihiro Tanigawa, peluncuran varian baru ini merupakan terobosan terbaru bagi industri otomotif roda dua sekaligus memuaskan keinginan para pecinta motor sport di Indonesia.

"Sesuai dengan temannya, Urban Runner, motor ini mengusung konsep naked bike yang menawarkan sebuah motor penjelajah kota dan menantang para bikers untuk bereksperimen," kata Tanigawa di sela-sela peluncuran 200NS di PRJ, kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

Motor ini diproduksi di pabrik Bajaj Chakan, Maharashtra, India dan penjualannya akan dilakukan melalui PT Kawasaki Motor Indonesia. Meski dibuat di pabrik Bajaj, Kawasaki mengontrol dan meninjau langsung secara keseluruhan tingkat produksi dari pabrik yang modern dan canggih tersebut.

"Bersama Bajaj Auto, Kawasaki mengontrol standar kualitas bersama untuk melahirkan Pulsar 200NS yang diciptakan kembali khusus untuk pasar Indonesia," timpal Tanigawa.

Sementara itu, Assistan General Manager, Marketing Division KMI Yusuke Shimada mengatakan kalau motor dengan kapasitas mesin 200 cc ini diciptakan untuk memberi kenyamanan bagi para pengendara yang berjiwa muda dan menyukai tantangan.

"Motor ini memiliki mesin yang tangguh dan menawarkan performa mengesankan ketika berada di jalan raya. Handling yang stabil memberikan kenyamanan dalam perjalanan dengan posisi knalpot yang terletak dekat dengan mesin untuk sentralisasi massa, untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara," kata Shimada San.

Untuk jantung pacunya, motor sport ini mengusung konfigurasi mesin 4 tak DTS-I (digital Triple Sparkplug Ignation) dengan 3 busi yang sanggup menciptakan efesiensi pembakaran yang optimal.

Masalah desain, Kawasaki anyar ini terinspirasi dari tren terbaru di Eropa yang tengah mengikuti kebutuhan kaum urban dan perkotaan yang menginginkan transportasi roda dua yang gagah, lincah, dan nyaman.

Selain itu, lampu LED yang terdapat pada simbol panel memudahkan pengendara memonitoring saat malam hari, serta posisi duduk pengendara yang ergonomis memberikan kenyamanan sepanjang jalan perkotaan maupun luar kota.


(ady/syu)

Lamborghini Aventador Tembus 2.000 Unit

Lamborghini Aventador Tembus 2.000 Unit

Bologna - Kehadiran Lamborghini Aventador sebagai pengganti Murcielago masih seumur jagung tepatnya di 2011 lalu di Geneva Motor Show. Tetapi si banteng menunjukkan kedahsyatannya dengan mencetak angka produksi 2.000 unit dalam 2 tahun saja.

Padahal Murcielago membutuhkan 5 tahun untuk menembus angka produksi 2.000 unit tadi.

Pemilik yang beruntung mendapatkan Aventador ke 2.000 itu adalah Chief Intelligence Officer AT&T Thaddeus Arroyo.

Popularitas mobil ini memang meningkat karena Lamborghini menyebut kalau Aventador merupakan loncatan 2 generasi dalam hal desain dan teknologi yang dimiliki Lamborghini.

Dengan mesin 6.500 cc 12 silinder yang memiliki daya maksimum 700 hp, Aventador bisa menembus topspeed sampai 350 km per jam dan berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 2,9 detik saja.

Meski memiliki kecepatan dahsyat, Aventador diklaim ramah lingkungan karena bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 sampai 20 persen dibanding pendahulunya.

Nama Aventador sendiri merujuk kepada nama sebuah banteng yang menerima Trofeo de la Peña La Madroñera di arena Saragossa Spanyol pada 1993 lalu. Aventador juga bisa berarti banteng paling berani. Dan karena ini sebuah Lamborghini, pintunya pun terbuka ke atas.

Pabrik Lamborghini di Bologna saat ini bisa melahirkan sekitar lima Aventador per hari, termasuk Aventador terbaru LP 700-4 Roadster. Akan tetapi pabrik ini juga masih sulit untuk memenuhi permintaan.

Bahkan Lamborghini mengatakan daftar tunggu untuk model Aventador mencapai satu tahun.

(syu/ddn)

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Dibanderol Rp 23,3 Juta

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Dibanderol Rp 23,3 Juta


Jakarta - Motor sport terbaru Kawasaki yang merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan motor terbesar asal India, Bajaj, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS resmi diluncurkan di Indonesia. Pulsar 200NS ini dibanderol Rp 23,3 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Assitan General Manager, Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Yusuke Shimada di sela-sela peluncuran Bajaj Pulsar 200 di Pekan Raya Jakarya, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

"Harga resminya kita jual dengan harga Rp 23,3 juta on the road Jakarta dan sekitarnya. Tapi khusus untuk PRJ ada harga spesial untuk konsumen," terang Shimada kepada wartawan.

Shimada melanjutkan, harga promosi untuk di PRJ yakni Rp 22,9 juta dan setelah PRJ selesai maka harga kembali normal.

Untuk warna itu sendiri Kawasaki Bajaj Pulsar hadir dengan 3 warna di antaranya kuning, merah dan hitam.

(ady/ddn)

Dubes Iran Kagum dengan Pemotor Indonesia

Dubes Iran Kagum dengan Pemotor Indonesia


Jakarta - Dubes Iran di Indonesia, Mahmoud Farajandeh diam-diam menyimpan rasa kagum pada para pemotor di Jakarta. Salah satu yang dia kagumi soal helm.

Saat berkunjung ke redaksi detikcom, Jumat (7/6/2013) Farajandeh bertutur, para pemotor di Jakarta amat banyak jumlahnya. Nah, yang bikin dia kagum mereka taat dan patuh dengan memakai helm.

"Mereka semua menggunakan helm," terang Farajandeh.

Kondisi itu yang menurut dia bisa ditiru oleh masyarakat di kota-kota besar di Iran. "Ini menarik," jelas Dubes yang beberapa tahun sudah tinggal di Indonesia ini.

Farajandeh membandingkan dengan kondisi di Teheran, ibu kota Iran. Di sana, juga banyak warga yang menggunakan motor. Tapi, amat jarang yang memakainya.

"Di sana panas, jadi tidak mau memakai helm," imbuh Dubes yang sudah bisa berbahasa Indonesia ini.

Tapi, kalau ada polisi, para pemotor di Teheran akan menggunakan helm. Begitu melewati polisi, mereka akan melepas helm lagi.

(gah/syu)

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Diimpor Utuh dari India

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS Diimpor Utuh dari India


Jakarta - Motor sport terbaru hasil kolaborasi Kawasaki dengan Bajaj, Pulsar 200NS masih berstatus Completely Bulit-up (CBU) dari India.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Assitan General Manager, Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Yusuke Shimada di sela-sela peluncuran Bajaj Pulsar 200 di Pekan Raya Jakarya, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

"Untuk perakitannya masih tetap di India, jadi unit ini masih CBU. Mungkin ke depannya bisa di rakit di sini (Indonesia) atau CKD," kata Shimada kepada wartawan.

Shimada mengatakan perakitaanya dilakukan di pabrik Bajaj Chakan, Maharashtra, India dan PT KMI hanya melakukan penjualan unit, spare part dan servis.

Lebih lanjut, untuk tahap awal atau selama di PRJ Bajaj Pulsar 200NS ini ditarget Kawasaki bisa terjual sebanyak 300 unit dan setelah PRJ perbulannya 1.000 unit.

"Kita baru dapat stok 500 unit di Juli, setelah itu akan ada 1.000 unit perbulannya yang dikirimkan langsung dari India," katanya.

(ady/ddn)

Ini Dia Tampang Honda Accord Hybrid

Ini Dia Tampang Honda Accord Hybrid


Tokyo - Pertarungan di segmen mobil hybrid bakal makin ketat. Setelah Camry Hybrid, kini Honda akan melahirkan Accord dengan dua jantung alias hybrid. Mobil ini akan memiliki desain sporty namun tetap ramah pada lingkungan.

Mobil ini menurut rencana akan diproduksi di Ameria. Namun, pasar Jepang juga akan menerimanya, bahkan Honda Accord hybrid khusus JDM (Japan DOmestic Market) sudah dipamerkan.

Automobile Magz melaporkan kalau gambar mobil ini sudah diposting di situs Honda Jepang.

Pada gambar itu terungkap kalau sebenarnya tampangnya tidak ada yang terlalu berubah dari model hybrid dan model konvensional.

Namun, pada gambar itu terlihat detail-detail berbeda seperti aksen warna biru pada bagian atas grille, serta lampu yang akan membiru.

Untuk jantungnya, Accord Hybrid ini diperkirakan akan menggunakan sistem dua jantung dengan memadukan mesin 2.0 liter bertenaga 137 hp dengan dua motor listrik bertenaga 124 kW untuk menjadikan total kekuatan mobil ini mencapai 196 hp.

Mobil ini dikabarkan akan hadir di 2014 dan memiliki konsumsi BBM 49 mil per galon (20,8 km per liter) di dalam kota dan 45 mpg luar kota (19 km per liter).

Dan rencananya Honda Accord hybrid ini akan dibangun di Ohio Jepang, dan diperkirakan bakal dilepas di kisaran US$ 30.000.

(lth/ddn)

Rossi Kini Ramah Lingkungan

Rossi Kini Ramah Lingkungan


Jakarta - Rider tim Yamaha, Valentino Rossi, dipilih oleh FIM menjadi duta lingkungan hidup. Dia pun bergabung dengan lima pebalap lain yang sudah mengemban tugas itu setahun sebelumnya.

Terpanggil dengan isu lingkungan hidup yang berkembang, FIM mengadakan program FIM Green Team pada tahun 2012. Lima pebalap yakni Marc Marquez, Laia Sanz, Takahisha Fujinami, Randy De Puniet dan Ken Roczen bersedia untuk menjadi duta dari program itu.

Agar pesan pelestarian lingkungan ini lebih terdengar, pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh, Rabu (5/6/2013) kemarin, Rossi pun dipilih menjadi duta yang baru.

"Pada tahun 2012, saat peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, FIM meluncurkan program Duta Lingkungan Hidup FIM. Idenya adalah untuk melibatkan pebalap top dari berbagai disiplin ilmu untuk menyampaikan pesan secara berkelanjutan dan membuat publik dan penggemar kami menyadari pentingnya menghormati lingkungan," sebut pernyataan FIM di situs resmi MotoGP.

"Sekarang kami senang bisa menyambut Valentino Rossi, legenda hidup dalam olahraga kami, sebagai anggota baru dari tim ini. Dengan bantuan pebalap-pebalap besar, kami yakin bahwa pesan-pesan lingkungan hidup yang kami sampaikan akan diterima dengan baik oleh para penonton," imbuh pernyataan itu.

Menanggapi penunjukkan dirinya menjadi duta lingkungan hidup itu, Rossi pun juga merasa bangga.

"Saya bangga, terhormat dan senang, telah ditunjuk menjadi duta lingkungan hidup FIM. Jelas tidak mudah menyebarkan pesan 'hijau' dalam olahraga kami. Tapi, FIM, Yamaha, dan semua bagian yang terlibat dalam inisiatif ini mengajarkan kepada kita bahwa hal itu bukanlah tidak mungkin!" seru Rossi.

(cas/syu)

Apa Beda Bajaj Pulsar 200NS yang Dijual di Indonesia dengan India?

Apa Beda Bajaj Pulsar 200NS yang Dijual di Indonesia dengan India?


Jakarta - Di India, Bajaj Pulsar 200NS sudah meluncur lebih dulu ketimbang di Indonesia. Lalu apa bedanya Bajaj Pulsar 200NS yang dijual di Indonesia dengan yang ada di India?

Assistan General Manager, Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Yusuke Shimada mengatakan Bajaj Pulsar 200NS yang dijual di Indonesia sedikit mengalami perubahan dengan yang ada di India.

"Perubahannya dari segi handling, bodi, cat, dan striping. Cat yang dipakai juga berbeda dengan yang di India," kata Shimada kepada wartawan di sela-sela peluncuran Kawasaki Bajaj Pulsar 200 di Pekan Raya Jakarya, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

Shimada melanjutkan, karena ini diproduksi di pabrik Bajaj di India jadi semuanya dilakukan oleh Bajaj. Tapi ada beberapa bagian yang dilakukan oleh Kawasaki.

"Seperti Quality control kita yang lakukan dan striping kita juga yang buat," katanya.

Selebihnya Shimada mengatakan kalau Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS yang dijual di Indonesia masih sama dengan India yakni mengadopsi sistem pembakaran karburator.

"Ini masih karburator dan bisa jadi kedepannya akan menggunakan injeksi. Kita akan pertimbangkan itu semua agar sesuai dengan standar emisi Euro3," tuntasnya.

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS di Indonesia dilepas dengan harga Rp 23,3 Juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Motor ini tersedia dalam 3 warna diantaranya kuning, merah dan hitam. Masalah desain, Kawasaki anyar ini terinspirasi dari tren terbaru di Eropa yang tengah mengikuti kebutuhan kaum urban dan perkotaan yang menginginkan transportasi roda dua yang gagah, lincah, dan nyaman.

Sedangkan di jantung pacunya, motor sport ini mengusung konfigurasi mesin 4 tak DTS-I (digital Triple Sparkplug Ignation) dengan 3 busi yang sanggup menciptakan efesiensi pembakaran yang optimal.

Selain itu, lampu LED yang terdapat pada simbol panel memudahkan pengendara memonitoring saat malam hari, serta posisi duduk pengendara yang ergonomis memberikan kenyamanan sepanjang jalan perkotaan maupun luar kota.

(ady/syu)

Kawasaki Z800 Dibanderol Dibawah Rp 200 Juta?

Kawasaki Z800 Dibanderol Dibawah Rp 200 Juta?

asphaltandrubber  

Jakarta - Selain meluncurkan Bajaj Pulsar 200NS di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga dikabarkan akan meluncurkan moge terbarunya Z800.

Assistant General Manager, Marketing KMI Yusuke Shimada mengatakan kalau rencananya Z800 ini akan diluncurkan di PRJ pada 20 Juni mendatang.

"Kita maunya diluncurkan di PRJ, kalau tidak ada halangan 20 Juni nanti kita luncurkan," kata Shimada saat berbincang dengan detikOto di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2013).

Lalu berapa kira-kira harga yang akan dibanderol untuk Z800 ini?

"Kita maunya kurang dari Rp 200 juta. Tapi belum tahu pastinya berapa, lihat saja nanti, saya tidak bisa berbicara lebih banyak lagi," elak Shimada sambil tersenyum.

Kawasaki Z800 adalah penerus Z750. Naked bike tersebut hadir untuk negara-negara maju dengan peminat moge yang tinggi.

Kawasaki Z800 disokong mesin kapasitas 800 cc yang mampu melontarkan tenaga 111 hp pada 10.200 rpm dan torsi 83 Nm pada 8.000 rpm.

(ady/lth)

Honda Optimistis Jual 10.000 Motor di PRJ

Honda Optimistis Jual 10.000 Motor di PRJ


Jakarta - Pekan Raya Jakarta sudah dibuka. Produsen motor Honda pun langsung pasang target. Dalam satu bulan, Honda yakin mampu melepas 10.000 motor di PRJ.

Mengusung tema 'Honda Injeksi No 1', Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DKI Jakarta dan Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) yakin mampu menjual ribuan motor.

Karena di tahun lalu saja WMS berhasil membukukan hasil penjualan hingga 7.000 unit. Sehingga, tidak mengherankan bila mereka menaikkan target menjadi 10.000 unit untuk seluruh jenis sepeda motor Honda.

Pekan Raya Jakarta 2013 akan berjalan satu bulan penuh yang berlangsung sejak 6 Juni hingga 7 Juli 2013. Mengusung berbagai produk unggulan Honda, WMS juga akan menyuguhkan berbagai pertunjukan musisi dan band nasional setiap Sabtu dan Minggu di booth Honda.

Adapun pertunjukkan tersebut akan diisi oleh Potret, The Virgin, Rio Febrian, Obbie and Friends, Seventeen, Last Child, Kikan, Andra and The Back Bone, Cherrybelle, dan The Dance Company.

Jajaran produk skutik Honda turut dipamerkan antara lain Honda BeAT PGM-FI dan Honda Spacy Helm In PGM-FI, dan Honda Vario 125 PGM-FI ISS (Idling Stop System). Honda Vario 125 PGM-FI ISS ini telah mengadopsi kecanggihan yang sebelumnya teraplikasi di Honda PCX. Pada PRJ tahun lalu, tercatat Honda Vario (all type) berhasil mencetak penjualan sebanyak 1.886 unit dan diusul Honda BeAT yang terjual hingga 939 unit.

"Meski diterpa wacana kenaikan harga BBM dan penerapan regulasi DP minimal 25 persen namun pada hari pertama PRJ kami telah berhasil menjual 286 unit. Jumlah ini pun didominasi dengan pembelian cash sebanyak 176 unit," papar Deputy Manager WMS Edi Setiawan dalam keterangan resminya.

Dalam kesempatan ini, WMS menawarkan diskon khusus dan hadiah langsung untuk setiap pembelian sepeda motor Honda Supra X 125 Helm in PGM FI, Honda Spacy, dan Honda Blade.

Tidak hanya diskon khusus, bagi konsumen yang beruntung, WMS juga menyediakan voucher belanja gratis jutaan rupiah. Belum selesai, keuntungan membeli sepeda motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang khususnya di area PRJ, konsumen secara otomatis akan mendapatkan kartu Honda VIP Card. Kartu ini merupakan kartu member konsumen Honda dengan berbagai keuntungan, mulai potongan harga di berbagai merchant rekanan hingga asuransi keselamatan jiwa.

"Terkait dengan semakin dekatnya perayaan bulan puasa dan menyambut Idul Fithri, Wahana ikut menyediakan pendaftaran bagi konsumen Honda yang ingin ikut mudik gratis untuk berbagai jurusan di Pulau Jawa," tambah Ario, Marketing Director PT. Wahana Makmur Sejati.

(syu/ddn)

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS

img

Jakarta - Indonesia kembali kehadiran motor sport terbaru dari Kawasaki yakni Bajaj Pulsar 200NS yang merupakan hasil kolaborasi Kawasaki dengan Bajaj.

Untuk pasar otomotif Indonesia, Pulsar 200NS ini dibanderol dengan harga Rp 23,3 juta on the road Jakarta dan ditargetkan 1.000 unit perbulannya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kita melihat spesifikasi lengkap dari motor sport terbaru Kawasaki yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Mari kita simak bersama.

Mobil Super Anyar Pagani

Mobil Super Anyar Pagani

dok Autocar  

London - Produsen mobil super Pagani memperlihatkan versi terakhir dari supercar kebanggaan mereka, Zonda. Memakai label Pagani Zonda Revolucion, mobil ini mampu menyuguhkan 789 tenaga kuda dengan harga jual Rp 34 miliar, itu pun harga bila dijual di Inggris.

Mobil yang akan menjadi versi pamungkas dari Zonda ini dibangun diatas sasis yang dibentuk dari campuran karbon dan titanium.

Dengan berat hanya 1.070 kg, Pagani Zonda Revolucion adalah kenyataan masa kini sejak perjalanan Zonda di tahun 1999.

Kekuatan 789 tenaga kuda yang dikandung mobil ini didapat berkat mesin V12 milik Mercedes AMG yang berkapasitas 6.0 liter. Mesin ini tercatat tenaganya lebih besar 50 bhp.

Dengan tenaga yang disalurkan melalui transmisi 6-speed itu, roda belakang Pagani Zonda Revolucion pun mampu mendorong mobil ini hanya dalam waktu 2,7 detik untuk mencapai akselerasi 0-100 km/jam dengan kecepatan puncak di angka 350 km/jam.

"Kami tahu akan sangat sulit untuk merancang dan membangun sebuah mobil bisa melakukan hal yang lebih ekstrem. Namun berkat kreativitas desainer kami, insinyur, dan seluruh keluarga Pagani, kami menciptakan sebuah objek yang indah dan tercepat yang pernah ada di Pagani," kata Horacio Pagani, pemilik dan desainer kepala Pagani Automobili seperti dilansir Autocar, Sabtu (8/6/2013).

Untuk mendapatkan semuanya, Pagani Zonda Revolucion ini dijual dengan harga 2,2 juta euro atau sekitar Rp 34 miliar.

(syu/ddn)

Kawasaki Siap Bikin Motor Kolaborasi Lagi dengan Bajaj

Kawasaki Siap Bikin Motor Kolaborasi Lagi dengan Bajaj


Jakarta - Di dunia otomotif baik roda 2 maupun roda 4 melakukan kolaborasi itu merupakan hal yang wajar. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki dengan pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj.

Untuk di Indonesia PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan produk kerja samanya dengan Bajaj. Kolaborasi yang menyasar ke motor sport itu melahirkan Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS.

Tapi untuk produk ini, pihak Bajaj yang berperan penuh dalam hal produksi, Kawasaki hanya mengontrol beberapa bagian seperti quality control, striping dan beberapa bagian lainnya dan Kawasaki berperan dalam memesarkan, dan menjual spare part serta menerima servis.

Ketika ditanya, adakah rencana kolaborasi lagi dengan Bajaj untuk melahirkan produk baru? Tapi dalam kolaborasi ini Kawasaki dan Bajaj sama-sama berperan dalam hal produksi dan lain sebagainya.

Assistant General Manager, Marketing KMI Yusuke Shimada mengatakan tidak menutup kemungkinan kalau kolaborasi itu terjalin lagi. Tapi kolaborasi itu bisa terwujud kembali apabila produk Pulsar 200NS ini sukses dijual di pasaran khususnya di Indonesia.

"Bisa-bisa saja, tapi berkaca pada 200NS ini, kalau ini sukses dijual di Indonesia maka kita siap untuk berkolaborasi meluncurkan produk lagi," kata Shimada di sela-sela peluncuran Pulsar 200NS di PRJ, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ditambahkan Shimada, penjualan Pulsar 200NS ini sendiri diharapkan bisa tembus 1.000 unit dalam satu bulan dan barang di akhir Juli akan dikirim lagi sekitar 500 unit.

"Kita sekarang targetkan 1.000 unit, dan barang di Juli akan datang lagi 500 unit tapi setelah Juli kita akan dapat lagi setiap bulannya sebanyak 1.000 unit," lugasnya.

"Kalau 200NS bisa tembus terus 1.000 atau bisa lebih dalam sebulannya maka kemungkinan besar kolaborasi akan semakin cerah," tuntas Shimada.

(ady/ddn)

Ada Aturan Mobil Murah, Produsen Mobnas Merasa Dikadali

Ada Aturan Mobil Murah, Produsen Mobnas Merasa Dikadali


Jakarta - Pemerintah baru saja mengeluarkan aturan terkait mobil murah melalui peraturan pemerintah No 41 tahun 2013. Namun sayang, di aturan itu tidak ada yang secara khusus membahas proteksi terhadap mobil nasional atau angkutan murah pedesaan yang dulu pernah dibicarakan.

Dahulu pemerintah menurut Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi Asosiasi Automotive Nusantara (Asia Nusa) Dewa Yuniardi pernah menjanjikan akan memproteksi merek-merek lokal yang dalam beberapa tahun terakhir mencoba untuk muncul.

Selain itu, rencana angkutan murah pedesaan juga pernah disiapkan agar para petani dan masyarakat desa bisa mendapat kendaraan.

"Tapi di PP yang baru itu, kita tidak melihat dua hal tadi dibicarakan," kata Dewa.

Malah, pembagian kelas mesin antara merek lokal dan asing yang awalnya pernah dibahas --lokal dijanjikan akan diberikan segmen 750 cc ke bawah dan asing akan diberikan 1.000-1.200 cc-- tidak lagi ada.

"Yang ada malah tulisan 'sampai dengan 1.200 cc', kalau begitu, merek-merek lokal yang mesinnya kecil kan dipaksa harus tarung bebas dengan asing. Ini kita seperti digiring untuk masuk rimba belantara, karena mereka (merek asing) akan bebas masuk ke segmen kita," ujar Dewa.

Sementara ketika membahas masalah angkutan murah pedesaan, Dewa mengatakan kalau dahulu program ini sudah dibicarakan secara panjang lebar, tapi ternyata tidak pula termuat di PP tadi.

"Dulu bahasannya sudah panjang. Tapi sepertinya pemerintah sudah lupa," kata Dewa.

Lalu apakah merek-merek mobil nasional merasa dibohongi pemerintah? "Kita tidak dibohongi, tapi dikadali," tuntas Dewa.

(syu/ddn)

2 Model MINI John Cooper Works Meluncur

2 Model MINI John Cooper Works Meluncur


Jakarta - Pabrikan mobil asal Inggris MINI meluncurkan 2 model MINI John Cooper Works di Indonesia. Model pertama John Cooper Works dan edisi terbatas John Cooper Works GP yang masing-masing dibanderol Rp 749 juta dan Rp 869 juta off the road Jakarta.

"Hari ini MINI meluncurkan 2 model John Cooper Works dan John Cooper Works GP terbaru di Indonesia. Mobil ini mengombinasikan tenaga dan sensasi berkendara pasa setiap penggemarnya," kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (8/6/2013),

MINI John Cooper Works disokong mesin 1.600 cc yang mampu menghasilkan tenaga 211 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 260 Nm pada putaran mesin 1.750-5.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan otomatis.

Impresi pengendara lebih terasa ketika twin scroll turbocharger direct injection dan variable valve control-nya memberikan reksi cepat sejak awal. Asyiknya dengan teknologi overboost, mesin mobil ini memaksimalkan torsi hingga 280 Nm dalam waktu singkat pada 2.000-5.100 rpm.

Sedangkan MINI John Cooper Works GP diperkuat mesin sama yakni mesin 1.600 cc turbo. Hanya saja berkat beberapa revisi yang dilakukan insinyur MINI, mesin ini mampu melontarkan tenaga lebih besar yakni 218 hp dan torsi 260 Nm dan torsi 280 Nm jika overboost-nya berfungsi.

Perbedaan pada MINI John Cooper Works GP yang diproduksi sebanyak 2.000 unit di dunia ini menggunakan transmisi 6 percepatan manual. Selain mobil mungil ini hanya tersedia 2 kursi.

Baik MINI John Cooper Works dan MINI John Cooper Works GP diakui mengombinasikan sportivitas di eksterior dan interior. Penampilannya semakin sempurna dengan pelek 17 inci dan run flat.

Karakter sport lebih terasa ketika John Cooper Works dan MINI John Cooper Works GP menggunakan tombol sport, rems akurasi, system DSC (Dynamic Stability Control), DTC (Dynamic Traction Control) dan EDLC (Electronic Diffrential Lock Control).

MINI John Cooper Works GP membutuhkan 6,3 detik untuk berlari dari 0-100 km/jam. Sementara John Cooper Works, membutuhkan waktu 6,7 detik.

"MINI John Cooper Works yang masuk ke Indonesi ini generasi kedua. Yang pertama eggak masuk karena MINI belum masuk. Generasi pertama tahun 2005. JMC hasil penjualan yang meningkat. Dan MINI John Cooper Works pertama masuk yang menggunakan transmisi otomatis," tutup Product Planning Manager BMW Group Indonesia, Dennis A. Kadaruskan.

(ikh/ddn)