Laman

Monday, July 15, 2013

Mau Mudik Naik Motor? Siapkan Dulu Fisik

Otomotif berbagi berita terbaru tentang "Mau Mudik Naik Motor? Siapkan Dulu Fisik". Berita otomotif terbaru tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Berita otomotif tentang "Mau Mudik Naik Motor? Siapkan Dulu Fisik" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun pengaya khazanah pengetahuan Anda.

Mau Mudik Naik Motor? Siapkan Dulu Fisik


Jakarta - Senada dengan pabrikan motor, untuk menekan angka kecelakaan selama mudik, polisi meminta masyarakat mudik tanpa motor. Tetapi bila tetap ingin melakukan mudik menggunakan motor, pemudik diimbau harus mempersiapkan fisik dan kendaraannya agar selamat selama mudik.

"Dia harus siap dari sisi fisik. Saya yakin dia tidak siap fisik karena sehari-hari ke kantor naik motor. Kemudian harus siap tidak melanggar dan juga yang terpenting siapkan kendaraannya dalam kondisi yang bagus," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pudji Hartanto kepada wartawan, di Jakarta, Senin (15/7/2013).

Pudji mengatakan, pemudik yang akan menggunakan motor diharakan untuk menyiapkan fisiknya agar tidak cepat lelah atau mengantuk. Gunakan posko pengamanan untuk mengistirahatkan diri sejenak ketika menempuh perjalanan mudik.

"Kita sudah siapkan posko-posko pengamanan di jalur-jalur mudik. Itu bisa digunakan untuk beristirahat kalau mengantuk atau lelah," ucap Pudji.

Pudji mengingatkan pemudik bermotor untuk tidak melebihi kapasitas penumpang. Pemudik juga harus mempertimbangkan keselamatan anak-anak bila naik motor.

"Walau kontraproduktifnya (motor sarana transport) murah, tapi itu hal yang tidak nomor satu. Sebetulnya ini (sosialisasi mudik tanpa motor-red) dilakukan agar jiwa kita selamat, tidak menjadi korban laka lantas," jelas Pudji.

Selanjutnya, Pudji juga mengingatkan kepada pemotor untuk mempersiapkan standar-standar keselamatan dalam bermotor. "Helm benar-benar standar itu ok-ok saja," imbuh dia.

Tidak hanya mempersiapkan fisik, lanjut dia, pemudik bermotor juga harus mempersiapkan kendaraannya dalam kondisi yang prima.

"Dicek lagi rem, lampunya. Paling terakhir kaitan emosional, dia pengen cepat sampai lalu kecepatan tinggi. Kalau ada pelanggaran maka timbul masalah kecelakaan," tutupnya.

(mei/ddn)

Semoga informasi tentang "Mau Mudik Naik Motor? Siapkan Dulu Fisik" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment