Laman

Tuesday, June 11, 2013

Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah

Otomotif berbagi berita terbaru tentang "Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah". Berita otomotif terbaru tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Berita otomotif tentang "Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun pengaya khazanah pengetahuan Anda.

Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah


Jakarta - Pemerintah punya alasan tersendiri soal latar belakang meluncurkan kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan. Salah satunya dalam rangka mencegah impor mobil sejenis dan komponennya terkait ASEAN Free Trade Agreement 2015.

"Malaysia dan Thailand sudah membuat. 60 juta dari pengendara sepeda motor itu first owner dari first car. Kalau tidak kita penuhi, kita akan dibanjiri impor," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/6/2013).

"Ekonomi kita naik terus nih, kalau kita tidak buat mobil ini di dalam negeri, nanti itu free trade area. Jadi kita punya pilihan. Kita tidak bisa menghalang-halangi orang beli mobil. Pilih saja, apa mau dapat dari impor, atau supply dalam negeri. Kalau saya sih mending supply dalam negeri," tambahnya.

Budi mengatakan, dengan adanya aturan mobil murah, para produsen mobil dalam negeri pun akan mulai memproduksi mobil tersebut. Juga diikuti oleh peningkatan industri turunannya, yakni industri komponen yang sebagian masih diimpor.

"Mungkin kita 1.400 (industri komponen). Dengan adanya program ini akan lebih banyak lagi. tier 1, tier 2, tier 3 nya manuvernya lebih gampang. Kalau ada perusahaan mobil buat model baru nggak perlu keluar negeri. Ini namanya memperkuat industri," jelasnya.

Selain itu, kendaraan dengan bahan bakar menggunakan premium beroktan 90 ini tergolong irit dibanding kendaraan-kendaraan lain. Untuk 1 liter, lanjut Budi, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 20 km.

"Hematnya kira-kira 60%-an. Ini 1:20 (1 liter per 20 km). Kalau yang biasa itu sekitar 1:12 (1 liter/12 Km)," katanya.


Semoga informasi tentang "Ini Alasan Pemerintah Bikin Kebijakan Mobil Murah" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment